Tkj Jambi STMIK Nurdin Hamzah Jambi, Teknik Informatika

Wednesday 11 April 2018

MEDIA PENYIMPANAN FILE




(A). PENYIMPANAN PRIMER

Penyimpanan primer (primary memory) atau disebut juga Memori utama (main memory) dan memori internal (internal memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini, yang disimpan didalam memori dapat berupa data atau program.
Penyimpanan primer dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
Ø  RAM

Random-Access Memory adalah jenis memori yang isinya dapat diganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data/program selama terdapat arus listrik (komputer hidup). RAM dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
Ø  ROM

Read-Only Memory adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca. Disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.
Selain itu ada pula Cache memory, yaitu memori yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.

Ada 4 bagian di dalam Primary Storage, yaitu :
  • Input Storage Area : Menampung data yang dibaca.
  • Program Storage Area : Menyimpan instruksi-instruksi untuk pengolahan.
  • Working Storage Area : Tempat dimana pemrosesan data dilakukan.
  • Output Storage Area : Menyimpan informasi yang telah diolah untuk sementara waktu sebelum disalurkan ke alat-alat output.
Control unit section, Primary storage section, ALU section adalah bagian dari CPU.
Berdasarkan hilang atau tidaknya berkas data atau berkas program di dalam storage, yaitu :
  • Volatile Storage : Berkas data atau program akan hilang, bila listrik dipadamkan.
  • Non Volatile Storage : Berkas data atau program tidak akan hilang, sekalipun listrik dipadamkan.
Primary Memory Komputer terdiri atas 2 bagian :
  • RAM (Random Access Memory)
·         Bagian dari main memory yang dapat kita isi dengan data atau program dari disket atau sumber lain. Dimana data-data dapat ditulis maupun dibaca pada lokasi dimana saja di dalam memori. RAM bersifat volatile.
  • ROM (Read Only Memory);
·         Memori yang hanya dapat dibaca. Pengisian ROM dengan program maupun data, dikerjakan oleh pabrik. ROM biasanya sudah ditulisi program maupun data dari pabrik dengan tujuan-tujuan khusus.
·         Misal : diisi penterjemah (intrepreter) bahasa BASIC.
·         Jadi ROM tidak termasuk sebagai memori yang dapat kita pergunakan untuk program-program yang kita buat. ROM bersifat non volatile.
·         Tipe-tipe lain dari ROM chip :
·         PROM (Programmable Read Only Memory) : Jenis dari memori yang hanya dapat diprogram. PROM dapat diprogram oleh user / pemakai, data yang diprogram akan disimpan secara permanen.
·         EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) : Jenis memori yang dapat diprogram oleh user. EPROM dapat dihapus dan diprogram ulang.
·         EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) : Memori yang dapat diprogram oleh user. EEPROM dapat dihapus dan diprogram ulang secara elektrik tanpa memindahkan chip dari circuit board.




(B). PENYIMPANAN SEKUNDER

Penyimpanan sekunder atau disebut secondary memory adalah penyimpanan data yang relative mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama di luar CPU maupun penyimpanan primer.
Ada dua jenis penyimpanan sekunder, yaitu :
1.    Serial/sequential access storage device(SASD)
Contoh : Magnetic tape, punched card, punched paper tape
2.    Direct access storage device (DASD)
Contoh : Magnetic disk, floppy disk,


(C). JENIS MEDIA PENYIMPANAN FILE

1. Magnetic Tape
Adalah alat penyimpanan data untuk berkas besar, yang di akses dan diproses secara sequential.
Magnetic tape dibuat dari bahan plastik tipis yang dilapisi oleh besi magnet oksida pada satu sisinya, berwarna merah kecoklatan. Magnetic tape adalah model pertama dari secondary memory. Tape ini digunakan untuk merekam audio, video dan untuk menyimpan informasi berupa sinyal komputer.
Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik tersebut.
Contoh : cassette tape dan kaset video
2. Magnetic Disk
Adalah piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer.
Magnetic disk terdiri dari logam yang kaku atau plastic yang fleksibel. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan diatas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sector. Fixed−head disk memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan Moving−head disk (atau sering dikenal dengan nama hard disk) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

Semoga Bermanfaat J J J


0 komentar:

Post a Comment

TOTAL PAGEVIEWS

Follow Us

Blog Archive

About Me

ilmu komputer zakaria
View my complete profile

Blog Archive

blog

https://ilmukomputerzakaria.blogspot.com https://perhitunganakuntansitkjzakaria.blogspot.com https://debianzakariamustin.blogspot.com

Translate

Muhammad Zakaria Mustin. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *