Tkj Jambi STMIK Nurdin Hamzah Jambi, Teknik Informatika

Wednesday 30 September 2015

Sekilas Tentang FreeNAs

  FreeNAS adalah perangkat lunak bebas dan open source Network Attached Storage (NAS) sistem berbasis FreeBSD dan OpenZFS sistem file. Hal ini berlisensi di bawah syarat-syarat Lisensi BSD dan berjalan pada komoditas x86-64 hardware. FreeNAS mendukung Windows , OS X dan Unix klien dan berbagai virtualisasi host seperti XenServer dan VMware menggunakan CIFS , AFP , NFS , iSCSI , SSH , rsync dan FTP / TFTP protokol. Fitur canggih FreeNAS termasuk full-disk kriptografi dan plug-in arsitektur untuk perangkat lunak pihak ketiga.


Sejarah FreeNas

Proyek FreeNAS dimulai pada bulan Oktober 2005 oleh Olivier Cochard-Labbe yang berdasarkan itu pada m0n0wall tertanam firewall dan FreeBSD 6.0 . Volker Theile bergabung dengan proyek pada bulan Juli 2006 dan menjadi memimpin proyek pada bulan April 2008. Pada bulan September 2009, tim pengembangan menyimpulkan bahwa proyek, kemudian di rilis 0,7, adalah karena untuk penulisan ulang lengkap untuk mengakomodasi fitur-fitur modern seperti plug-in arsitektur. Theile memutuskan bahwa proyek terbaik akan reimplemented menggunakan Debian GNU / Linux dan bergeser upaya pengembangan untuk proyek CoreNAS sementara dan akhirnya OpenMediaVault mana ia terus sebagai pemimpin proyek. Cochard-Labbe menanggapi keberatan masyarakat untuk "Versi Debian dari FreeNAS" dan dilanjutkan kegiatan dalam proyek dan mengawasi transfer ke FreeNAS pengguna iXsystems . [1] [2] iXsystems menulis ulang FreeNAS dengan arsitektur baru berdasarkan FreeBSD 8.1 dan Django CMS , melepaskan FreeNAS 8 Beta pada bulan November 2010. [3] The plug-in arsitektur tiba dengan FreeNAS 8.2 dan FreeNAS versi disinkronkan dengan FreeBSD untuk kejelasan. FreeNAS 8.3 memperkenalkan full-disk kriptografi dan FreeBSD 9.1 berbasis FreeNAS 9.1 membawa update plug-in arsitektur yang kompatibel dengan PC-BSD Warden kerangka kerja manajemen penjara. FreeNAS 9.1 juga merupakan versi pertama dari FreeNAS menggunakan OpenZFS V5000 masyarakat yang didukung dengan Flags Fitur. 
Pengembangan .7 FreeNAS dilanjutkan Maret 2012 sebagai NAS4Free proyek di bawah kepemimpinan Daisuke Aoyama dan Michael Zoon.  Olivier Cochard-Labbe telah pergi untuk menemukan Proyek Router BSD .

FAQ FreeNas


1. Apakah FreeNAS?

FreeNAS adalah gratis dan Open Source Network Attached Storage (NAS) alat perangkat lunak. Ini berarti bahwa Anda dapat menggunakan FreeNAS untuk berbagi data melalui protokol berbagi file berbasis, termasuk CIFS untuk pengguna Windows, NFS untuk sistem operasi mirip Unix, dan AFP untuk pengguna Mac OS X. FreeNAS menggunakan sistem file ZFS untuk menyimpan, mengelola, dan melindungi data. ZFS menyediakan fitur-fitur canggih seperti snapshot untuk menjaga versi lama file, remote backup inkremental untuk menyimpan data Anda aman di perangkat lain tanpa transfer file besar, dan kompresi cerdas, yang mengurangi ukuran file sangat cepat dan efisien bahwa sebenarnya membantu transfer terjadi lebih cepat .


2. Mengapa saya menggunakan FreeNAS?

Keuntungan menggunakan NAS adalah bahwa semua file penting Anda dapat disimpan di lokasi pusat, memungkinkan Anda untuk mengaksesnya dari beberapa perangkat secara bersamaan, sementara juga menjaga cadangan dan redundansi sumber daya Anda di satu tempat. FreeNAS memungkinkan Anda menginstal program untuk keperluan lain, seperti klien bittorrent, server media streaming, dan layanan backup awan, sehingga dapat memenuhi banyak peran dari server rumah juga.


3. Apa yang saya butuhkan untuk memulai dengan FreeNAS?

Untuk menggunakan FreeNAS, Anda harus hardware PC standar dengan prosesor 64-bit dan
setidaknya 8GB RAM. FreeNAS dimaksudkan untuk diinstal pada USB Flash drive, dengan direkomendasikan ukuran minimal 8GB. 16GB menyediakan lebih banyak ruang untuk lingkungan booting. FreeNAS mendukung instalasi dari CD dibakar atau dengan langsung membakar ke flash drive.Boot dari drive terpasang dan di sebagian besar jaringan Anda secara otomatis akan disediakan dengan alamat IP. Mengarahkan browser web Anda pada alamat IP dari sistem FreeNAS dan Anda baik untuk pergi! Baca Dokumentasi FreeNAS untuk informasi lebih lanjut.


4. Apakah FreeNAS Aman dan Aman?

FreeNAS didasarkan pada sangat aman sistem operasi FreeBSD dan mengikuti praktik keamanan terbaik dalam pembangunan. Namun, FreeNAS tidak dirancang sebagai perangkat lunak keamanan dan itu tergantung pada dilindungi dari lalu lintas bermusuhan dengan firewall dikonfigurasi dengan benar. FreeNAS mendukung enkripsi 256-bit untuk mencegah drive dari sedang dibaca jika mereka secara fisik dihapus dari sistem, tetapi ini tidak melindungi terhadap data yang dibaca dalam transit melalui jaringan atau melalui kredensial pengguna dikompromikan. Seperti semua software, FreeNAS tergantung pada praktik keamanan yang baik untuk menyimpan data yang aman.


5. Apa lagi yang bisa saya lakukan dengan FreeNAS?

FreeNAS mendukung sejumlah plugin pihak ketiga, termasuk transmisi untuk bittorrent, btsync untuk melakukan sinkronisasi dengan berbagai perangkat tanpa mengekspos data Anda kepada orang lain, dan ownCloud host server Anda sendiri layanan cloud.


6. Bisa FreeNAS digunakan sebagai Media Server?

Tentu bisa! FreeNAS termasuk dukungan untuk berbagai plugin perangkat lunak pihak ketiga, termasuk Plex Media Server. Plex Media Server memungkinkan FreeNAS untuk streaming acara televisi, film, dan musik untuk berbagai perangkat. Jika Anda khawatir tentang persyaratan sistem, FreeNAS Mini Storage Device dari iXsystems memiliki daya yang cukup untuk mendukung video HD 1080p dan masih menjalankan operasi FreeNAS normal.


7. Mengapa FreeNAS hanya mendukung filesystem ZFS?

FreeNAS dirancang di sekitar OpenZFS filesystem, yang memungkinkan banyak fitur canggih dari FreeNAS seperti integritas data, indikasi awal drive rusak, dan kemampuan untuk boot ke copy pekerjaan sebelumnya dari sistem operasi setelah upgrade gagal. Filesystem lain, termasuk UFS, NTFS, FAT, EXT2 dan EXT3 didukung "read only", untuk memungkinkan migrasi data ke volume ZFS.


8. Bagaimana cara meng-upgrade FreeNAS?

FreeNAS menyediakan built-in Update Manager, memungkinkan administrator untuk menentukan kapan harus menerapkan patch sistem dan fitur baru. Ketika sistem diperbarui, salinan dari sistem operasi saat ini ditambahkan ke menu boot, sehingga mudah untuk kembali ke versi sebelumnya dari sistem operasi harus update gagal. Administrator juga dapat melacak berbagai versi FreeNAS, dalam rangka untuk menguji driver baru dan fitur, mengetahui bahwa mereka masih bisa kembali ke versi sebelumnya dari sistem operasi dari menu boot.


9. Dimana saya bisa mendapatkan bantuan dengan FreeNAS?

Ada banyak sumber daya untuk mengatasi masalah FreeNAS, termasuk Forum Komunitas dan channel IRC. Namun, jika Anda memerlukan dukungan hardware atau perangkat lunak pendukung dengan Service Level Agreement, iXsystems menawarkan Dukungan Profesional untuk Server FreeNAS Bersertifikat dan TrueNAS Unified Storage Appliance, keduanya tersedia di iXsystems.com/storage.


10. Bagaimana jika saya tidak ingin membangun hardware saya sendiri untuk FreeNAS?

Banyak server rumah yang tersedia secara komersial bekerja dengan baik sebagai perangkat FreeNAS. Jika Anda ingin perangkat yang dirancang khusus untuk FreeNAS, mempertimbangkan FreeNAS Mini atau server FreeNAS Bersertifikat dari iXsystems, pengembang FreeNAS. Jika Anda ingin menggunakan FreeNAS dalam skenario yang membutuhkan ketersediaan tinggi atau kinerja yang sangat tinggi, mempertimbangkan TrueNAS Unified Storage Appliance. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi iXsystems.com/storage.


11. Mengapa FreeNAS 64-bit saja?

FreeNAS membutuhkan prosesor 64-bit. Hal ini karena persyaratan memori untuk FreeNAS tidak didukung oleh 32-bit PC. Selain itu, FreeNAS memanfaatkan teknologi modern yang tidak akan berfungsi sebagaimana dimaksud dalam 32-bit. Untuk versi terakhir dari FreeNAS yang mendukung 32-bit, rilis resmi dapat didownload di http://download.freenas.org/9.2.1.9/RELEASE/x86/. Perlu diketahui bahwa versi ini tidak lagi dipertahankan dan tidak mungkin untuk menerima perangkat lunak atau update keamanan.


FreeNAS Direkomendasikan Minimum Hardware

> 64-bit x86 Processor
> 8GB RAM
> FreeNAS harus diinstal pada USB flash drive. Minimum yang disarankan adalah 8GB. 16GB menyediakan lebih banyak ruang untuk lingkungan booting jika Anda berencana untuk menguji banyak konfigurasi atau mengikuti garis pembaruan bergerak cepat.
> Setidaknya satu disk tambahan untuk penyimpanan.
> Port jaringan kabel (nirkabel tidak didukung)
> Komputer di jaringan yang sama dengan browser web yang modern (untuk manajemen)
 
referensi

0 komentar:

Post a Comment

TOTAL PAGEVIEWS

Follow Us

Blog Archive

About Me

ilmu komputer zakaria
View my complete profile

blog

https://ilmukomputerzakaria.blogspot.com https://perhitunganakuntansitkjzakaria.blogspot.com https://debianzakariamustin.blogspot.com

Translate

Muhammad Zakaria Mustin. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *