Tkj Jambi STMIK Nurdin Hamzah Jambi, Teknik Informatika

Sunday 26 February 2023

Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari, Berguna untuk Membuat Berbagai Peralatan Salah Satunya Membuat Mobil Listrik


Pada zaman dahulu logam memang sudah digunakan untuk membuat berbagai macam peralatan. Peralatan yang dibuat dengan bahan logam pun lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan peralatan yang sebelumnya dibuat dengan bahan kayu. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa logam menjadi salah satu wujud perkembangan teknologi canggih yang dibuat oleh manusia.

Salah satu bahan logam yang sering digunakan untuk membuat berbagai peralatan adalah nikel. Dibandingkan jenis logam lainnya, nikel dinilai lebih elastis. Dengan begitu, nikel akan lebih mudah dibentuk menjadi berbagai macam bentuk. Meskipun lentur, nikel tetap memiliki sifat kokoh dan kuat.

Tidak heran jika terdapat beberapa manfaat nikel yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, nikel menjadi bahan logam yang banyak digunakan dalam pembuatan berbagai produk industri. Mulai dari industri otomotif, elektronik, hingga digunakan di bidang militer, ruang angkasa dan kelautan.

Berbagai produk yang menggunakan bahan nikel tentu memiliki keunggulan tersendiri. Diketahui, nikel merupakan bahan logam yang tahan korosi sehingga dapat mencegah proses pembentukan lapisan permukaan akibat kontak dengan udara. Selain itu, nikel juga mempunyai kemampuan penghantar panas dan listrik yang baik. Tidak jarang, nikel digabungkan engan beberapa bahan atau elemen lain untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan keunggulan.

Otomotif   

                   

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari yang pertama yaitu digunakan di bidang otomotif. Dalam hal ini, nikel digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kendaraan. Nikel yang digunakan untuk membuat kendaraan ini biasanya berupa baja tahan karat. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan nikel karena memiliki daya tahan yang kuat serta tidak mudah terkena korosi. Selain itu, baja yang mengandung nikel juga dapat menyerap energi dari berbagai benturan.

Selain digunakan sebagai bahan pembuat kendaraan, nikel juga digunakan sebagai bahan pelapis mobil. Selain itu, kandungan nikel ini juga bisa digunakan untuk membuat baterai mobil listrik berkekuatan tinggi. Di samping itu, nikel bisa dipadukan dengan busa untuk menghasilkan kemampuan mengurangi karbon monoksida yang buruk bagi lingkungan.

Arsitektur dan Konstruksi

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari berikutnya yaitu berkaitan dengan bidang arsitektur dan kontruksi. Nikel menjadi salah satu bahan logam yang telah digunakan sejak lama untuk membuat suatu bangunan dengan daya tahan lama. Hal ini seperti yang dapat dilihat dari bangunan Empire States Building yang telah bertahan lebih dari 50 tahun.

Baja tahan karat yang mengandung nikel memang memiliki peranan penting di bidang kontruksi. Sifatnya yang tahan panas membuat berbagai bangunan yang menggunakan baja tahan karat ini tidak mudah terbakar. Begitu juga dengan sifat anti korosi yang dimiliki nikel, membuat banguan tahan lama dan tidak mudah runtuh selama bertahun-tahun.

Militer, Ruang Angkasa, dan Kelautan


Bidang militer, ruang angkasa, dan kelautan juga mendapatkan manfaat dari bahan logam nikel. Manfaat nikel dalam bidang ini sering digunakan untuk memproduksi senjata serta menjadi bahan tambahan untuk membuat baju besi. Nikel juga digunakan untuk membuat pelat baja yang kokoh dan kuat untuk tujuan perang atau kegiatan militer lainnya.

Selain di bidang militer, nikel juga mulai digunakan dalam industri dirgantara. Dalam hal ini, NASA menggunakan nikel pada permukaan Lunar Module untuk melindungi seluruh pesawat luar angkasa dari panas matahari. Di samping itu, nikel juga digunakan untuk membuat kendaraan laut yang dapat melintasi laut lepas dengan kokoh dan kuat karena sifat anti korosi yang dimilikinya.

Elektronik




Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari berikutnya yaitu untuk membuat peralatan elektronik. Penerapan nikel dalam elektronik sangat bervariasi, dari nanoteknologi hingga komponen elektronik raksasa. Komponen nikel ini pun dapat ditemui di beberapa bagian pada smartphone atau gadget. Nikel digunakan pada lapisan khusus pada compact disc sebagai pelapis. Dengan demikian nikel menjadi salah satu logam esensial dalam industri elektronik.

Meskipun begitu, terdapat beberapa laporan yang menunjukkan bahwa sebagian orang justru mengalami alergi pada perangkat yang dimilikinya karena mengandung nikel. Di mana seseorang dapat mengalami ruam kulit akibat alergi nikel. Meskipun tidak berdampak fatal, ruam yang ditimbulkan cukup mengganggu sehingga perlu perawatan khusus untuk mengurangi gejala yang ada.

Produk Lain Mengandung Nikel


Selain beberapa hal di atas, manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari yang terakhir juga sering digunakan untuk membuat koin atau mata uang. Seperti di Indonesia, nikel sudah digunakan sebagai bahan pembuat mata uang koin sejak tahun 1950. Bahkan nikel masih digunakan hingga saat ini seperti dalam mata uang 1.000 rupiah yang terbaru.

Nikel juga digunakan untuk pelapisan dan memberi warna hijau pada kaca. Namun keberadaan nikel dalam kaca yang diperkuat dapat menyebabkan reaksi buruk. Ketika kontaminan nikel bereaksi terhadap belerang dalam lelehan kaca, nikel sulfida akan membentuk kristal dan kemudian menimbulkan retakan pada garis rambut.


sumber : https://www.merdeka.com/jateng/5-manfaat-nikel-dalam-kehidupan-sehari-hari-berguna-untuk-membuat-berbagai-peralatan-kln.html


0 komentar:

Post a Comment

TOTAL PAGEVIEWS

Follow Us

Blog Archive

About Me

ilmu komputer zakaria
View my complete profile

blog

https://ilmukomputerzakaria.blogspot.com https://perhitunganakuntansitkjzakaria.blogspot.com https://debianzakariamustin.blogspot.com

Translate

Muhammad Zakaria Mustin. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *