Tkj Jambi STMIK Nurdin Hamzah Jambi, Teknik Informatika

Tuesday 2 October 2018

Penerbangan Go Around Jelang Mendarat di Bandara Soetta

Go around dalam istilah penerbangan adalah, pesawat yang tidak jadi mendarat walaupun sudah diatas landasan pacu karena suatu hal (tinggal landas lagi/take off).
Corporate Secretary Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia Didiet K.S Radityo membenarkan, telah terjadi go around pesawat GA 425 yang akan melakukan pendaratan di landasan pacu 25R bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
“Benar ada go around pada jam 15.16 UTC atau jam 22.16 WIB. Go around dilakukan demi menjaga keselamatan penerbangan karena di landasan pacu masih ada pesawat Sriwijaya SJ580 rute Jakarta-Makassar yang harusnya take off tetapi batal karena alasan teknikal,” jelas Didiet, Senin (19/6/2017).
Didiet menguraikan kronologisnya bahwa pesawat GA 425 mendapat jadwal mendarat di landasan pacu 25R setelah pesawat SJ580 lepas landas. Tower Bandara Soekarno-Hatta telah memberikan take-off clearence kepada SJ580 untuk lepas landas, pesawat kemudian rolling tetapi lamban.
“Sampai akhirnya pilot menyatakan mereka berhenti dan tidak jadi lepas landas. Saat itu pesawat GA 425 sudah ada dalam posisi untuk mendarat. Menanggapi hal itu, controller kemudian memberikan go around kepada GA 425 dengan alasan keselamatan,” tutur Didiet.
Proses go around dijelaskannya, dalam kondisi itu, merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk alasan keselamatan.
“Memang dengan go around, kenyamanan penumpang akan terganggu, tetapi demi keselamatan hal ini harus dilakukan,” ujar Didiet.
Saat ini, detil kejadian sedang dianalisis lebih lanjut. Rekaman dan data-data lainnya akan diperiksa untuk mendapatkan informasi lebih detil lagi.
“Kami berterima kasih kepada pilot GA 425 yang cekatan merespon instruksi go around yang disampaikan ATC dan juga kepada pilot SJ580 yang segera melaporkan ke tower pembatalan take-off karena alasan teknikal, sehingga ATC bisa segera merespon dengan memberikan instruksi go around kepada pilot. Keamanan dan Keselamatan penerbangan memang upaya bersama dari seluruh stake holder yang terlibat,” imbuhnya.
Setelah go around dikatakan Didiet, pesawat GA 425 selanjutnya melakukan pendaratan di Bandara Soetta dengan selamat, aman, dan nyaman. (omy)

0 komentar:

Post a Comment

TOTAL PAGEVIEWS

Follow Us

Blog Archive

About Me

ilmu komputer zakaria
View my complete profile

blog

https://ilmukomputerzakaria.blogspot.com https://perhitunganakuntansitkjzakaria.blogspot.com https://debianzakariamustin.blogspot.com

Translate

Muhammad Zakaria Mustin. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *