Tkj Jambi STMIK Nurdin Hamzah Jambi, Teknik Informatika

Saturday 17 October 2015

COMPUTER BASED TEST (CBT), SISTEM UJIAN NASIONAL ONLINE SERVEER

ABSTRAK
Dunia makin lama makin canggih dalam mengatasi kecepatan dalam berkomunikasi dimana setelah ditemukannya media ICT atau internet. Orang bisa berbuat apa saja dengan media ini, jadi bila kita tidak bisa mengikuti perkembangan ICT ini tentu akan tergilas oleh orang-orang muda yang kreatif. Pendek kata ICT merupakan media yang menjadi kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai contoh kecanggihan alat komunikasi bentuk HP. Media ICT yang dimanfaatkan sebagai sarana mengukur kemampuan sudah bisa diakses melalui internet, banyak anak muda yang kreatif saling menciptakan bentuk-bentuk quis untuk mengukur kecerdasan maupun kemampuan. Apa salahnya kalau ICT ini bisa dimulai untuk dimanfaatkan di sekolah sebagai media mengukur keberhasilan peserta didik di tingkat sekolah dasar sampai SMA atau SMK. Di tulisan ini telah diinformasikan berbagai instalasi cara sederhana dan syarat menggunakan ICT untuk alat mengetes kemampuan dan keberhasilan belajar peserta didik. Sistem yang digunakan dengan sebutan Computer-based Test (CBT), kalau model tes yang lama disebut Paper-Based Test (PBT), Jadi mau tidak mau sudah harus mencoba untuk memulai dengan cara mengkombinasikan system kedua tersebut agar dimasa mendatang dunia pendidikan kita tidak ketinggalan jauh dengan Negara-negara lain.
Kata-kata kunci : Paper-Based Test (PBT),  dan Computer-based Test (CBT), Lembar Jawaban Komputer (LJK), Information and communication Teknoligy (ICT), Learning Content Management System (LCMS/CMS), Computer-Based Instruction (CBI) merupakan bentuk aplikasi komputer yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Pada awalnya, penerapan Computer-Based Education (CBE) popular  menggunakan  program  Computer-Assisted  Instruction (CAI), Computer-Assisted Learning  (CAL),  Computer-Managed  Instruction  (CMI), dan Computer-Assisted Guidance (CAG).

A.     Latar Belakang.
Sistem Ujian selama ini bersifat (konvensional) artinya ujian dilakukan dengan menggunakan kertas dan pensil dengan istilah sekarang Paper-Based Test (PBT), PBT yang dilakukan saat ini banyak masalah/kendala seperti: rawan dalam penyiapan bahan ujian, penggandaan dan distribusi naskah soal, kecurangan selama pelaksanaan ujian, perlu langkah scanning LJK dan scoring, membutuhkanbiaya banyak, tenaga, waktu. Jadi ujian dengan PBT kurang efektif & efisien. Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sehingga memungkinkan untuk menggunakan ICT dalam ujian.
Pemanfaatan teknologi informasi (computer) sebagai salah satu media yang digunakan untuk ujian atau tes disebut dengan Computer-based Test (CBT). Dengan CBT diharapkan mampu menjawab kekurangan ujian konvensional. Sehingga pengguna ICT dapat dijadikan sebagai media ujian baik local maupun untuk nasional oleh lembaga. Ujian berbasis ICT ini menggunakan aplikasi berbasis web dengan konsep Learning Content Management System (LCMS/ CMS) yaitu MOODLE sehingga baik pengelola maupun pengguna dapat dengan mudah menggunkan aplikasi open source ini.
Berdasarkan hasil pengujian dan evaluasi dari penggunaan ujian berbasis komputer ini menunjukkan bahwa perangkat lunak berbasis web ini dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna dan pengelola. Selanjutnya penerapan ujian berbasis komputer ini memiliki fungsi fleksibel berupa pemanfaatan sebagai media latihan maupun mengukur kemampuan pengguna dalam menjawab pertanyaan pada ujian.

B.    Materi inti

Teknologi informasi semakin berkembang pesat, serta semakin merambah hampir disetiap sendi-sendi kehidupan masyarakat. Berbagai bidang mulai terlibat dalam inkubator teknologi seperti bisnis, industri, pertanian, kesehatan, dan tanpa terkecuali pendidikan. Dalam bidang pendidikan, teknologi informasi telah dimanfaatkan untuk menunjang layanan administrasi, proses pembelajaran, pendaftaran ulang, perpustakaan, akses nilai, pencarian referensi secara cepat, proses penelitian, pembayaran SPP, bahkan untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru.
Peristilahaan penerapan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, ICT telah mengubah model dan pola pembelajaran pada dunia pendidikan saat ini. Ada banyak sistem pembelajaran yang menggunakan alat  bantu komputer, salah satunya yaitu aplikasi pembelajaran yang mengacu pada teknologi berbasis Multimedia dan berbasis Web (Internet). Computer-Based Instruction (CBI) merupakan bentuk aplikasi komputer yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Pada awalnya, penerapan Computer-Based Education popular  menggunakan  program  Computer-Assisted  Instruction  (CAI), Computer-Assisted Learning  (CAL),  Computer-Managed  Instruction  (CMI), dan Computer-Assisted Guidance.
Dalam perkembangnnya terminologi aplikasi komputer dalam pembelajaran terus berkembang,  seirama  dengan  perkembangan  teknologi  informasi dalam  meningkatkan  mutu  pembelajaran.  Salah satunya adalah E-learning  yang disebut  juga  dengan pembelajaran berbantuan  komputer. Secara umum,  e-learning  terdapat dua katagori  yaitu  (1)  belajar  melalui  komputer  mandiri  (standalone)  dan  (2) belajar  melalui  komputer  dalam  jaringan  (Purbo,  2001).
Dewasa ini tidak hanya proses pembelajaran yang dapat dilakukan menggunakan teknologi informasi. Melainkan, dengan pemanfaatan teknologi informasi juga, memungkinkan dilakukannya Computer Based Test (CBT) atau evaluasi/tes berbasis komputer. Peserta didik dapat melakukan tes dari tempat yang berbeda, baik itu dalam jaringan internet maupun dalam jaringan intranet dalam suatu organisasi. Computer Based Test dapat dijadikan sebagai sarana dalam evalusi pembelajaran.

     1. Sistem Penyelenggaraan Ujian Online
         Tes Modern dengan Computer Based Test (CBT)
Tes Modern adalah tes dengan menggunakan computer  melalui akses internet dengan penyekoran dilakukan secara otomatis oleh komputer . Computer Based Test atau tes berbasis komputer dilaksankan dalam laboratorium komputer  yang telah terkoneksi dengan jaringan dan internet. Dalam pelaksanaan tes berbasis komputer (CBT) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya : ke-ontetikan peserta test, bank soal, sistem Computer-based test itu sendiri.
Proses otentikasi dalam tes berbasis komputer (CBT), merupakan hal yang sangat penting, untuk menentukan siapa saja yang bisa mengikuti tes. Biasanya dalam proses ini, peserta tes akan diberikan sebuah username dan password, yang akan digunakan untuk login sehingga peserta dapat masuk dan mengikuti tes.
Ketersediaan soal dalam jumlah yang cukup banyak menjadi syarat selanjutnya dalam tes berbasis komputer (CBT). Dari jumlah soal yang cukup banyak memungkinkan pemilihan soal secara random sehingga antar peserta tes akan mendapatkan soal yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerjasama antara peserta test.
Sistem Computer-Based Test yang telah melalui uji kelayakan sangat diperlukan, mengingat pada umumnya tes berbasis komputer dilaksanakan dalam waktu yang sama. Sehingga dibutuhkan software dan hardware yang mendukung, istilah dalam teknologi informasi yaitu client-server. Di mana komputer peserta tes (client) terhubung dengan sistem tes berbasis komputer melalui komputer server. Untuk itulah dibutuhkan sistem tes berbasis komputer yang layak pakai.

2. Sistem Koneksian
 

3.  Regulasi system UN-CBT

Kriteria Sekolah CBT :
Ø  Laboratorium Komputer : LAN, akses internet, rasio (client : siswa) = 1:3 untuk SMK dan SMP, atau 1:2 untuk SMA IPA dan IPS
Ø  Laboran (sesuai kualifikasi/spesifikasi teknis)
Ø  Sarana pendukung: Genset, UPS, PC Client cadangan
Proktor (Pengawas UN-CBT):
Ø  Staf yang direkruit oleh Panitia CBT-UN Pusat sesuai kualifikasi/spesifikasi teknis
Ø  Dedikasi, komitmen, pakta integritas
Spesifikasi  minimal server local
Ø  Hardware server : Terdiri dari processor Xeon 64 bit, RAM minimal 4 GB, networking LAN.
Ø  Softwareserver :Windows server 2008 64 bit, virtual BOX 64.3.16. , Port 80 di server dapat diakses oleh computer peserta. (jika di computer server ada Xamp, Xamp dinonaktifkan atau port Xamp diubah menjadi 8080).
Spesifikasi  minimal Komputer peserta
Ø  Hardware : Terdiri dari processor dual core, RAM 512 MB, networking LAN.
Ø  Software: Windows XP/7/8 terinstal CBAT XAMBRO.

        4. Kerugian dan Keuntungan Computer-Based Test
Ada banyak keuntungan melakukan tes melalui komputer, diantaranya : mengijinkan melakukan tes di saat yang tepat bagi peserta, mengurangi waktu untuk pekerjaan penilaian tes dan membuat laporan tertulis, menghilangkan pekerjaan logistik seperti mendistribusikan, menyimpan dan tes menggunakan kertas, peserta tes dapat langsung mengetahui hasi tes. Sedangkan kerugiaannya yaitu, adanya ketergantungan dengan peralatan seperti komputer, membutuhkan lab komputer yang memadai (secara hardware dan software serta jumlah), jika sistem Computer-Based Test bermasalah pelaksanaan tes berbasis komputer akan tertunda, membutuhkan pengetahuan dan keterampilan komputer bagi peserta tes.

C.   Penutup
Evaluasi pembelajaran sebagai bagian dari proses pembelajaran dapat dilakukan dengan sarana Computer-Based Test (tes berbasis komputer). Kesiapan sistem computer-based test dengan dukungan software maupun hardware serta ketrampilan komputer peserta tes menjadi syarat utama dalam pelaksanaan tes berbasis komputer. Selain itu keamanan dan kerahasiaan hasil tes harus tetap terjaga, hanya peserta tes yang megetahui.

Daftar Pustaka
University of Massachusetts at Amherst, USA, Computer-Based Testing and the Internet, 2001.
Nurkanca, Wawan. dll. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Usaha Nasional. Surabaya
Sunarto. Pembelajaran Berbasis Komputer.
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131568300/PEMBELAJARAN%20BERBANTUAN%20KOMPUTER-2.pdf [22 Desember 2015]
Soekarwati., (2000),  Prospek Pembelajaran Melalui Internet, Makalah Seminar Teknologi Kependidikan, UT Pustekkom dan IPTPI, Jakarta
User Manual: Item and Test Analysis, 1986, Assessment System Corp, St. Paul, MN.

sumber utama
 http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/1416-cbt

0 komentar:

Post a Comment

TOTAL PAGEVIEWS

Follow Us

Blog Archive

About Me

ilmu komputer zakaria
View my complete profile

blog

https://ilmukomputerzakaria.blogspot.com https://perhitunganakuntansitkjzakaria.blogspot.com https://debianzakariamustin.blogspot.com

Translate

Muhammad Zakaria Mustin. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *