Tkj Jambi STMIK Nurdin Hamzah Jambi, Teknik Informatika

Monday 27 April 2015

Access Point Linksys WAP54G : Instalasi dan Konfigurasinya


Access Point Linksys WAP54G : Instalasi dan Konfigurasinya
L
Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Instalasi Access Point Linksys WAP54G 802.11b/g beserta konfigurasinya.
Tampak Depan

l1Tampak Belakang
l2
Requirement
  1. Access Point Linksys WAP54G
  2. PC/Laptop untuk mengkonfigurasikan AP
  3. Straight-over Cable jika tidak menggunakan wireless
Step 1 : Instalasi AP ke PC/Laptop untuk dikonfigurasi
  1. Hubungkan AP dengan sumber daya listrik dengan kabel power yang sudah disediakan.
  2. Koneksikan AP dengan PC/Laptop Administrator untuk dikonfigurasi (secara wireless atau melalui kabel Straight-over)
  3. Default IP dari AP WAP54G adalah 192.168.1.245 , maka setting lah PC/Laptop Admin ke 1 jaringan/network dengan AP misalkan IP PC/Laptop adalah 192.168.1.1 dan subnet mask 255.255.255.0
l3
  1. Langkah Selanjutnya adalah mencoba masuk ke alamat konfigurasi AP yaitu 192.168.1.245 dengan browser yang anda gunakan. Kenapa? Karena konfigurasi AP WAP54G ini adalah web based/browser based, untuk memudahkan pengguna dalam mensetting/konfigurasinya
  2. Jika diminta Username/Password seperti dibawah ini, maka kosongkan pilihan username dan isi admin untuk password.
l4

Step 2 : Konfigurasi AP oleh PC/Laptop
Setelah berhasil melakukan Instalasi AP, maka step selanjutnya adalah melakukan Konfigurasi AP. Terdapat 4 tab dasar konfigurasi yaitu “Setup”, “Wireless”, “Administration”, dan “Status”
Tab Pertama : Setup
l5Di Tab Setup bisa dilihat terdapat 2 sub-tab yaitu “Network Setup” untuk konfigurasi nama device dan tipe konfigurasi IP, alamat IP, Subnet Mask, dan Default Gateway.l5
Pada sub-tab “AP-Mode” berisi tentang Mode AP yang akan digunakan, apakah sebagai Access Point biasa, AP client untuk sebagai client dari AP lain, Wireless Repeater sebagai penguat sinyal, atau Wireless Bridge. Pada kesempatan ini kita akan mengkonfigurasi Access Point jadi pilih mode “Access Point”
l6Tab Kedua : Wirelessl7
Sub-tab pertama : Basic Wireless Setting
terdapat 4 jenis konfigurasi, yaitu
Mode, pilihan generasi AP yg digunakan ada 802.11b, 802.11g, dan Mixed untuk keduanya.
SSID (Service Set IDentifier), nama untuk pengenal service yang digunakan. Dipakai untuk mengenali AP yang terbaca oleh Wireless Laptop misalnya.
Channel, Frekuensi signal yang dipancarkan ada dari 1 – 11 pilihan channel yang dapat digunakan. Tujuannya agar sinyal tidak ber interferensi jika ada 2 AP pada satu wilayah.
SSID Broadcast, menandakan bahwa apakah SSID dari AP akan terbaca oleh perangkat Wireless End User atau tidak, jika disabled maka ketika kita membuka panel Wireless Connection, SSID dari AP ini tidak akan terdeteksi (hidden) tetapi bukan berarti tidak ada sinyal disekitar Wireless tersebut.
l8
Sub-tab Kedua : Wireless Security
Pilihan security untuk Access Point, yaitu WEP, WPA-Personal, WPA2-Personal, WPA2-Mixed, WPA-Enterprise, Radius, dan disable (tidak menggunakan security). Tiap mode keamanan memiliki enkripsi dan algoritma tersendiri dalam menangani keamanan AP.
l9
Sub-tab ketiga : Wireless MAC Filter
Jika enable, maka terdapat 2 mode yaitu Prevent  untuk memblok koneksi dari MAC Address tertentu atau Permit untuk mengizinkan koneksi dari MAC Address tertentu.
l10
Sub-tab keempat : Advanced Wireless Setting
Setting AP dengan konfigurasi yang lebih rumit.
Tab Ketiga : Administrationl11
Yang paling penting dari tab keempat ini adalah sub-tab “Management” (yang lain tidak akan dibahas karena menurut saya kurang penting)
Pada Management ini, sangat penting untuk merubah password AP yang digunakan, biasakan untuk mengganti password secara rutin untuk menjaga dari serangan Brute-Force atau serangan lain. Backup dan Restore adalah menyimpan konfigurasi yang sudah ada menjadi sebuah file, jikalau AP akan di reset, maka konfigurasi yang telah di backup dapat direstore. Catatan bahwa jika AP di reset, maka password AP akan kembali menjadi admin.
Tab keempat : Statusl12
Pada tab ini akan menjelaskan tentang informasi AP yang digunakan seperti MAC Address, IP Address, Subnet, Versi Firmware yang digunakan dan Default Gateway jaringan.
Yang paling penting dalam mengkonfigurasi AP adalah :
  1. Setting IP Address AP (jangan menggunakan IP default 192.168.1.245) untuk faktor keamanan
  2. Gunakan Mode AP sebagaimana mestinya, jika ingin setting Wireless Repeater, maka Pilih Wireless Repeater, dan sebagainya
  3. Gunakan Enkripsi dan Security yang aman, misalkan penggunaan password yang rumit
  4. Bila MAC Address Filtering dibutuhkan, gunakan secukupnya.

Untuk Dokumentasi Official nya bisa dilihat di :
http://support.linksys.com/en-apac/support/accesspoints/WAP54G
Atau UI dari Konfigurasi LinkSys WAP54G :
http://ui.linksys.com/files/WAP54G/v3/3.01/Setup.htm

full sumber
http://jidniilman.blog.upi.edu/2013/10/30/access-point-linksys-wap54g-instalasi-dan-konfigurasinya/

0 komentar:

Post a Comment

TOTAL PAGEVIEWS

Follow Us

Blog Archive

About Me

ilmu komputer zakaria
View my complete profile

blog

https://ilmukomputerzakaria.blogspot.com https://perhitunganakuntansitkjzakaria.blogspot.com https://debianzakariamustin.blogspot.com

Translate

Muhammad Zakaria Mustin. Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *